JudulMENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK BERKOMUNIKASI MELALUI METODE TANYA JAWAB DI KELOMPOK B TK ANDINE PALUPI |
Nama: Herawati |
Tahun: 2019 |
Abstrak Herawati, 2019. Meningkatkan Kemampuan Anak Berkomunikasi Melalui Tanya Jawab Di Kelompok A TK Andine. Skripsi, Program Studi SI PG PAUD. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbng (1) Mur’aeni Pembimbing (2) Hj. Shofianti Nur Zuama, S.Psi, M.Si Kata Kunci : Komunikasi Dan Metode Tanya Jawab Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah apakah melalui metode Tanya jawab dapat meningkatkan kemampuan anak berkomunikasi di kelompok B TK Andine? Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan anak berkomunikasi melalui Tanya jawab di kelompok B TK Andine. Setting penelitian ini yaitu anak di kelompok B TK Andine yang berjumlah 15 anak terdiri dari laki-laki 9 anak dan 6 anak perempuan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah model tindakan kelas. Data di kumpulkan dengan cara observasi, tindakan, wawancara dan komunikasi dan dokumentasi. Berdasarkan data yang di kumpulkan, ternyata diperoleh hasil yang cukup signifikasi tentang peningkatkan kemampuan anak berkomunikasi melalui metode Tanya jawab di kelompok B TK Andine. Data yang dikumpulkan sebelum dilaksanakan tindakan yaitu, pada pengamat menyebutkan kosa kata 13,33% kategori BSB, 13,33% kategori BSH, 20% kategori MB dan 53% kategori BB. Pengamatan kegiatan bertanya 13,33% kategori BSB, 13,33% BSH, 13,33% kategori MB, dan 60% kategori BB. Pengamatan kegiatan menjawab pertanyaan 6,67% kategori BSB, 13,33% kategori BSH, 13,33% kategori MB,dan 66,67?. Selanjutnya setelah dilaksanakan tindakan kelas, di peroleh hasil akhir pada siklus II yaitu, pada pengamatan menyebutkan kosa kata 40% kategori BSB, 46,67% kategori BSB, 46,67% kategori BSH, 6,67% kategori MB dan 6,67% kategori BB. Pengamatan kegiatan bertanya 33,33% kategori BSB, 53,33% kategori BSH, 6,67% kategori MB, dan kategori 6,67% kategori BB. Pengamatan kegiatan menjawab pertanyaan 26,67% kategori BSB, 60,00% kategori BSH, 6,67% kategori MB, dan 6,67% kategori BB. Melihat data di atas bahwa pengguna metode Tanya jawab dapat membantu meningkatkan kemampuan anak berkomunikasi di kelompok B TK Andine. |