Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELOMPOK B TK KABELOTA KELURAHAN POBOYA PALU
Nama: IFAGARINI
Tahun: 2019
Abstrak
Ifagarini (2019), Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Metode Demonstrasi Di Kelompok B TK Kabelota Kelurahan Poboya, Palu Skripsi, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (I) Hj. Shofyanti Nur Zuama. (II) Sita Awalunisah. Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan motorik kasar anak belum berkembang sesuai harapan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui metode demonstrasi. Setting penelitian ini anak didik Kelompok B TK Kabelota kelurahan Poboya Palu, berjumlah 20 anak, terdaftar pada tahun pelajaran 2018/2019. Rancangan penelitian mengacu pada model penelitian tindakan kelas dari Kemmis & Mc. Taggart, dikumpulkan melalui lembar observasi, dokumentasi dan pemberian tugas. Pra tindakan, aspek kekuatan tubuh katagori BSB 10%, BSH 10%, MB 5%, 75?. Aspek keseimbangan tubuh, kategori BSB 5%, BSH 15%, MB 20%, dan BB 60%. Aspek kelincahan tubuh, 5% BSB, 15% BSH, 20% MB, dan belum berkembang (BB) 60%. Setelah dilaksanakan tindakan menggunakan metode demonstrasi di siklus I, maka motorik kasar anak meningkat walaupun belum sesuai harapan. Dengan memperbaiki semua kelemahan di siklus I, tindakan dilanjutkan ke siklus II dan hasil pengamatan siklus II menunjukkan peningkatan yang baik, aspek kekuatan tubuh kategori BSB 85%, BSH 10%, MB 5%, 0?. Aspek keseimbangan tubuh, kategori BSB 60%, BSH 35%, MB 5%, dan BB 0%. Aspek kelincahan tubuh, 60% BSB, 35% BSH, MB 5%, dan BB 0%. Peningkatan motorik kasar anak dari siklus I ke siklus II, kategori BSB meningkat 18,3%, BSH meningkat 21,7%, MB meningkat 20,3?n katagori BB 0%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan motorik kasar anak.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up