Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR DI KELOMPOK B TK AISYIYAH III PALU
Nama: SITTI HADIJAH
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Sitti Hadijah. (2019). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Menggambar di Kelompok B TK Aisyiyah III Palu . Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I: Andi Agusniatih, Pembimbing II: Haerul Annuar. Masalah dalam penelitian ini adalah kreativitas anak masih rendah, terutama dalam Kreativitas menggambar bebas dengan pensil, menggambar sesuai tema (menggambar bebas dengan berbagai media), dan menggambar bebas dari bentuk dasar geometri. Hal ini disebabkan karena metode dan kegiatan yang digunakan guru kurang maksimal, sehingga perkembangan kreativitas anak belum optimal yang berdampak pula pada hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk memperbaiki proses pembelajaran dengan menggunakan kegiatan menggambar untuk meningkatkan kreativitas anak di kelompok B TK Aisyiyah III Palu. Setting penelitian ini, yaitu anak kelompok B TK Aisyiyah III Palu yang berjumlah 20 anak, terdiri dari 8 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas yang dimulai dari perencanaan, pelaksanakan tindakan, observasi dan refleksi, yang dilakukan secara bersiklus dengan 4 kali tindakan dalam 2 siklus. Data dikumpulkan dengan cara observasi, tanya jawab, pemberian tugas dan dokumentasi, serta alat yang digunakan adalah lembar observasi baik untuk aktivitas guru maupun murid. Selanjutnya dianalisa secara persentasi untuk menarik kesimpulan. Data yang dikumpulkan saat pra tindakan yang menjadi subyek penelitian pada semua aspek yang diamati tentang kreativitas anak, 8,33?lam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), 8,33?lam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 10?lam kategori Mulai Berkembang (MB), serta 73,33?lam kategori Belum Berkembang (BB). Setelah dilakukan tindakan, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan kegiatan menggambar dapat meningkatkan kreativitas anak terbukti ada peningkatan dari siklus I ke siklus II. Secara umum, terjadi peningkatan pada semua aspek, dimana pada siklus I terdapat 13,33?lam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) , 15?lam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 15?lam kategori Mulai Berkembang (MB), serta 56,67?lam kategori Belum Berkembang (BB). Selanjutnya pada siklus II terdapat 30?lam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), 41,67?lam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 15?lam kategori Mulai Berkembang (MB), serta 13,33?lam kategori Belum Berkembang (BB). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan menggambar dapat meningkatkan kreativitas anak.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up