Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL HURUF MELALUI APE DI TK MENTARI PALU
Nama: Fatmawati
Tahun: 2019
Abstrak
Fatmawati, 2019. Meningkatkan Kemampuan anak Mengenal Huruf Melalui APE di TK Mentari Palu. Skripsi, Program Studi SI PG PAUD. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (1) I Putu Suwika Pembimbing (2) Amrullah Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah apakah melalui alat permainan edukatif dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf di TK Mentari Palu?. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan anak mengenal huruf melalui alat permainan edukatif di TK Mentari Palu. Setting penelitian ini yaitu anak di TK Mentari Palu yang berjumlah 20 anak terdiri dari laki-laki 10 anak dan 10 anak perempuan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah model tindakan kelas. Data dikumpulkan dengan cara observasi, tindakan, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan data yang dikumpulkan, ternyata diperoleh hasil yang cukup signifikan tentang peningkatan kemampuan anak mengenal huruf melalui alat permainan edukatif di TK Mentari Palu. Data yang dikumpulkan sebelum dilaksanakan tindakan yaitu, pada pengamatan menyebutkan huruf secara urut 10,00% kategori BSB, 15,00% kategori BSH, 25,00% kategori MB dan 50,00% kategori BB. Pengamatan kegiatan menunjukkan huruf secara acak 5,00% kategori BSB, 15,00% kategori BSH, 25,00% kategori MB, dan 55,00% kategori BB. Pengamatan kegiatan menyusun huruf menjadi kata 10,00% kategori BSB, 10,00% kategori BSH, 30,00% kategori MB, dan 50,00% kategori BB. Selanjutnya setelah dilaksanakan tindakan kelas, diperoleh hasil akhir pada siklus II yaitu, pada pengamatan menyebutkan huruf secara urut 30,00% kategori BSB, 50,00% kategori BSH, 15,00% kategori MB dan 5,00% kategori BB. Pengamatan kegiatan menyusun huruf secara acak 30,00% kategori BSB, 55,00% kategori BSH, 10,00% kategori MB, dan 5,00% kategori BB. Pengamatan kegiatan menyusun huruf menjadi kata 35,00% kategori BSB, 55,00% kategori BSH, 5,00% kategori MB, dan 5,00% kategori BB. Melihat data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat permainan edukatif dapat membantu meningkatkan kemampuan anak mengenal huruf di TK Mentari Palu. Kata Kunci: mengenal huruf dan alat permainan edukatif

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up