JudulMENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI GERAK DAN LAGU DI KELOMPOK B TK GENERASI BANGSA DESA KAPIROE KABUPATEN SIGI |
Nama: FITRIA |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Fitria (2019), Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak melalui Gerak dan Lagu di PAUD Generasi Anak Bangsa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Nurhayati, Pembimbing (II) Amrullah. Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan motorik kasar anak belum berkembang sesuai harapan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran Keterampilan Motorik Kasar Anak melalui Gerak dan Lagu. Penelitian ini menggunakan desain Kemmis dan Mc. Taggart yang dilakukan secara bersiklus. Setiap siklus dilaksanakan 2 Kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek dan setting dari penelitian ini seluruh anak kelompok B PAUD Generasi Anak Bangsa yang berjumlah 17 yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi dianalisis secara deskritif. Data yang dikumpulkan sebelum tindakan menirukan tarian gerakan kaki-tangan-kepala kategori BSB 5,88%, BSH 11,76%, MB 29,41%, dan BB 52,94%, mengayunkan tangan mengikuti lagu kategori BSB 5,8810, BSH I I,76%, MB 35,290 BB 47,050 dan melakukan gerakan senam -BSB 5,88%, BSH 5,88%, MB 41,17%, BB 57,05% Setelah dilakukan tindakan maka basil penelitian ini, disimpulkan bahwa melalui gerak dan lagu dapat meningkatkan tindakan siklus I untuk kemampuan menirukan tarian gerakan kaki-¬tangan- kepala 70,57% kategori BSB,BSH, dan MB, kemampuan mengayunkan tangan mengikuti lagu 64,69% kategori BSB,BSH, dan MB, dan kemampuan yang diamati terakhir yaitu kemampuan motorik kasar anak melakukan gerakan senam terdapat 70,58?ngan kategori BSB, BSH, dan MB, hasil tersebut diperoleh dari penjumlahan dua kategori yang dimiliki yaitu BSB, BSH, dan MB. Pada siklus II menunjukan peningkatan menirukan tarian gerakan kaki-tangan¬-kepala 82,34% kategori BSB, BSH dan MB, kemudian pada kemampuan mengayunkan tangan mengikuti lagu 88,22% kategori BSB,BSH, dan MB sedangkan kemampuan motorik kasar anak melakukan gerakan senam 88,22% kategori BSB, BSH, dan MB. Jika dirata-ratakan peningkatan dari siklus I ke siklus II berkisar 52,94%. Disimpulkan bahwa melalui gerak dan lagu dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak PAUD Generasi Anak Bangsa. Kata Kunci : Motorik Kasar, Gerakdan Lagu. |