| JudulMENINGKATKAN PERILAKU SOSIAL ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI KELOMPOK B TK ALKHAIRAAT I PUSAT PALU |
| Nama: Sri Wahyuni |
| Tahun: 2019 |
| Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah perilaku sosial anak dapat ditingkatkan melalui metode bermain peran di kelompok B TK Alkhairaat I Pusat Palu. Penelitian dilaksanakan di TK TK Alkhairaat I Pusat Palu, subyek penelitian berjumlah 20 anak yang terdiri atas 11 anak laki-laki dan 9 anak perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan satu kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data yang dikumpulkan melalui observasi selanjutnya diolah secara deskriptif dengan menggunakan kriteria penilaian dipindahkan kedalam bentuk kuantitaif, untuk mengukur kemampuan motorik halus anak melalui metode bermain peran pada kelompok B TK TK Alkhairaat I Pusat Palu. Data yang dikumpulkan sebelum tindakan perilaku sosial anak dalam aspek Tolong menolong kategori BSB 5%, BSH 10%, MB 35% dan BB 50%, aspek kemurahan hati kategori BSB 10%, BSH 10%, MB 40% dan BB 40%, aspek Kerja sama kaegori BSB 10%, BSH 10%, MB 30% dan BB 50%. Setelah dilakukan tindakan maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui metode bermain peran dapat meningkatkan perilaku sosial anak, terbukti dengan adanya peningkatan kemampuan dari siklus I ke siklus II yang di ukur pada aspek Tolong menolong kategori BSB dan BSH dari 50% menjadi 80% (30%), kemudian aspek kemurahan hati kategori BSB dan BSH dari 45% menjadi 95% (50%), dan aspek Kerja sama kategori BSB dan BSH dari 50% menjadi 80% (30%). Secara umum teradi peningkatan rata-rata 37% dari siklus I ke silkus II. |