JudulMENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MEWARNAI GAMBAR DI KELOMPOK B TK MELATI TONDO |
Nama: NUR HANUM |
Tahun: 2019 |
Abstrak Nur Hanum. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Mewarnai Gambar di Kelompok B TK melati Tondo. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (I) I Putu Suwika (II) Besse Nirmala. Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan motorik halus anak belum berkembang sesuai harapan. Upaya mengatasi masalah tersebut dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui kegiatan mewarnai gambar. Subjek penelitian anak kelompok B TK melati Tondo yang berjumlah 17 anak, terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, pemberian tugas dan dokumentasi, data dianalisa dengan teknik persentase. Data pra tindakan kelenturan jari-jari tangan terdapat 8% kategori BSB, 10% kategori kategori BSH, 10% kategori MB, dan 75% kategori BB. Kekuatan jari-jari tangan terdapat 10% kategori BSB, 10% kategori kategori BSH, 10% kategori MB, dan 70% kategori BB. Kecepatan jari-jari tangan terdapat 10% kategori BSB, 5% kategori kategori BSH, 15% kategori MB, dan 70% kategori BB. Setelah dilakukan tindakan, maka disimpulkan bahwa kegiatan mewarnai gambar dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Terbukti adanya peningkatan siklus I dan siklus II. Kelenturan jari-jari tangan dari 40% kategori BSB, BSH dan MB meningkat menjadi 85% (45%). Pengamatan kekuatan jari-jari tangan dari 40% kategori BSB, BSH dan MB meningkat menjadi 85% (45%). Pengamatan kecepatan jari-jari tangan dari 40% kategori BSB, BSH dan MB meningkat menjadi 85% (45%). Sehingga rata-rata peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 45%. Namun masih terdapat 15% anak yang masuk kategori belum berkembang. Kata Kunci: Motorik Halus Anak, Kegiatan Mewarnai Gambar |