| JudulMENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI METODE CERITA BERGAMBAR DI KELOMPOK B TK AL-KHAIRAAT DESA TOMPI BUGIS KECAMATAN KULAWI SELATAN KABUPATEN SIGI |
| Nama: SAIRA |
| Tahun: 2017 |
| Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu kreativitas anak belum berkembang sesuai harapan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas anak melalui metode cerita bergambar. Subjek dan setting penelitian adalah anak kelompok B berjumlah 20 anak didik, terdiri dari 9 anak laki-laki dan 11 anak perempuan yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan desain Kemmis dan Mc. Taggart, yang dilaksanakan secara bersiklus. Data yang dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi, selanjutnya diolah secara deskriptif. Data pra tindakan, kemampuan mengajukan pertanyaan, tidak ada anak dalam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), 10% kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 10% kategori Mulai Berkembang (MB), dan 80% kategori Belum Berkembang (BB). Kemampuan menguasai isi cerita, 5% kategori BSB, 10% kategori BSH, 15% kategori MB, dan 70% kategori BB. Kemampuan bercerita dengan gambar, tidak ada anak dalam kategori BSB, 5% kategori BSH, 15% kategori MB, dan 80% kategori BB. Setelah dilakukan tindakan melalui metode cerita bergambar dapat meningkatkan kreativitas anak, terbukti ada peningkatan dari tindakan siklus I ke tindakan siklus II. Kemampuan mengajukan pertanyaan kategori BSB, BSH, dan MB dari 50% menjadi 85%. Kemampuan menguasai isi cerita kategori BSB, BSH, dan MB dari 45% menjadi 85%. Kemampuan bercerita dengan gambar kategori BSB, BSH, dan MB dari 55% menjadi 85%. Adapun peningkatan rata-rata dari tindakan siklus I ke tindakan siklus II, yaitu 35% kategori BSB, BSH, dan MB, walaupun masih ada kreativitas anak yang belum meningkat sekitar 15% atau kategori BB. Dapat disimpulkan bahwa melalui metode cerita bergambar dapat meningkatkan kreativitas anak di Kelompok B TK Al-Khairaat Desa Tompi Bugis Kecamatan Kulawi Selatan Kabupaten Sigi. |