Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELOMPOK B TK AL KHAIRAT PERUMNAS TINGGEDE
Nama: ERNI
Tahun: 2017
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan motorik kasar anak belum berkembang sesuai harapan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan kemampuan motorik kasar anak melalui metode demonstrasi Subyek dan setting penelitian ini anak didik Kelompok B TK Alkhairaat Perumnas Tinggede, berjumlah 20 anak terdaftar pada tahun pelajaran 2015/2016. Rancangan penelitian mengacu pada model penelitian Kemmis & Mc. Taggart. Dikumpulkan melalui lembar observasi, dokumentasi dan pemberian tugas. Pra tindakan, aspek keseimbangan tubuh anak katagori BSB 10%, BSH 10%, MB 5%, 30% BB. Aspek kekuatan tubuh anak, katagori BSB 5%, BSH 15%, MB 20%, dan BB 30%. Aspek klelincahan tubuh anak, 10% BSB, 15% BSH, MB 1% dan BB 50%. Setelah dilaksanakan tindakan menggunakan metode demonstrasi di siklus I, kemampuan motorik kasar anak meningkat walaupun belum sesuai harapan. Dengan memperbaiki semua kelemahan di siklus I, tindakan dilanjutkan ke siklus II dan hasil pengamatan siklus II menunjukkan peningkatan yang baik, spek keseimbangan tubuh anak katagori BSB 30%, BSH 45%, MB 15%, 10% BB. Aspek kekuatan tubuh anak , katagori BSB 5%, BSH 40%, MB 20%, dan BB 15%. Aspek kelincahan tubuh anak , 5% BSB,40% BSH, MB 20% dan BB 15%. Peningkatan kemampuan motorik kasar anak dari siklus I ke siklus II, katagori BSB meningkat 11,7%, BSH meningkat 13,4%, MB meningkat 1,7% dan katagori BB 7,8%.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up