JudulMeningkatkan Kreativitas Anak Melalui ALat Permainan Edukatif Pada Kelompok B TK Kosgoro Kebun Kopi |
Nama: Rini Lasibo |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Rini Lasibo. 2017. Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui ALat Permainan Edukatif pada Kelompok B TK Kosgoro Kebun Kopi. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru PAUD, Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (I) Muraeni Mursanib, Pembimbing (II) Rizal Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kreativitas anak dapat ditingkatkan melalui alat permainan edukatif di kelompok B TK Kosgoro Kebun Kopi, melibatkan 12 orang anak yang terdaftar pada tahun ajaran 2016-2017. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Mc. Taggart dan Kemmis yang terdiri dari dua siklus. Yang mana pada setiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, pemberian tugas, dan dokumentasi kemudian dianalisis secara deskriptif dari data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tanya jawab/wawancara dan dokumentasi. Jenis data adalah kualitatif yang dianalisis melalui teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dikemukakan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa alat permainan edukatif dapat meningkatkan kreativitas anak di kelompok B TK kosgoro kebun kopi. Data pra tindakan membuat macam-macam bentuk dari balok 25% kategori BSB, 17% kategori BSH, 33% kategori MB dan 25% kategori BB. Membuat macam-macam bentuk dari plastisin 17% kategori BSB, 25% kategori BSH, 33% kategori MB dan 25% kategori BB. Membuat macam-macam bentuk dari kertas 8% kategori BSB, 17% kategori BSH, 42% kategori Mb dan 33% kategori BB. Setelah dilakukan tindakan, dapat disimpulkan bahwa alat permainan edukatif (APE) dapat meningkatkan kreativitas anak. Terbukti adanya peningkatan siklus I dan siklus II. Membuat macam-macam bentuk dari balok kategori BSB dan BSH dari 42% meningkat menjadi 75%. Membuat macam-macam bentuk dari plastisin kategori BSB dan BSH dari 42% meningkat menjadi 75%. Membuat macam-macam bentuk dari kertas kategori BSB, BSH dan MB dari 25% meningkat menjadi 75%. Secara umum terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II, kategori BSB dan BSH, 37% meningkat menjadi 75%. Namun masih terdapat 25% anak yang masuk dalam kategori belum berkembang. Kata Kunci : Kreativitas; Alat Permainan Edukatif ? |