Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK MELALUI METODE KARYA WISATA DI KELOMPOK B TK LILIAN KULAWI
Nama: OLGA
Tahun: 2017
Abstrak
Olga (2016). Meningkatkan Interaksi Sosial anak melalui metode Karya Wisata di kelompok B TK Lilian Kulawi. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru PAUD, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) I Putu Suwika, Pembimbing (II) Muraeni Mursanib Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan interaksis social anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan interaksi sosial anak kelompok B TK Lilian Kulawi melalui metode karya wisata. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas pra tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitan yang telah dilaksanakan, adanya peningkatan kemampuan interaksi sosial anak pada siklus pertama, kemampuan dalam kerja sama menjadi 50% kategori BSB, BSH, dan MB, kemampuan dalam Komunikasi yang baik meningkat menjadi 45% kategori BSB, BSH, dan MB, kemampaun interaksi sosial anak dalam Bergaul dengan teman terdapat 50% kategori BSB, BSH, dan MB. Pada siklus II menunjukan peningkatan kerja sama dari 50% menjadi 80% (30%) kategori BSB, BSH, dan MB, kemudian pada kegiatan Komunikasi yang baik meningkat dari 45% menjadi 85% (40%) kategori BSB, BSH, dan MB, sedangkan kemampuan anak dalam Bergaul dengan teman yang baik meningkat dari 50% menjadi 80% (40%) kategori BSB, BSH, dan MB. Jika dirata-ratakan peningkatan dari siklus I ke siklus II 36,66%, walaupun masih ada anak yang belum berhasil menyelesaikan tugas, tetapi tidak perlu lagi di adakan siklus berikutnya karena sudah menunjukan keberhasilan pada siklus II. Disimpulkan bahwa metode karya wisata dapat meningkatkan interaksi sosial anak kelompok B TK Lilian Kulawi. Kata Kunci : Interaksi Sosial Anak, Metode Karya Wisata.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up