| JudulMENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS DI KELOMPOK B TK PKK TULO KECAMATAN DOLO |
| Nama: MURZIA |
| Tahun: 2016 |
| Abstrak ABSTRAK Murzia, 2016 : Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Melalui Metode Pemberian Tugas di Kelompok B TK PKK Tulo Kecamatan Dolo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing (I) I Putu Suwika, (II) Muraeni Mursanib. Kata kunci : Motivasi belajar, Metode pemberian tugas Masalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah melalui metode pemberian tugas dapat meningkatkan motivasi belajar anak di kelompok B TK PKK Tulo Kecamatan Dolo?. Tujuan penelitian ini ntuk meningkatkan motivasi belajar anak melalui metode pemberian tugas di kelompok B TK PKK Tulo Kecamatan Dolo. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2015 di TK PKK Tulo Kecamatan Dolo dengan melibatkan seluruh anak di kelompok B yang berjumlah 12 orang yang terdiri dari 6 orang anak laki-laki dan 6 orang anak perempuan. Penelitian ini dibagi menjadi 3 tahap yaitu pra tindakan, siklus I, dan Siklus II untuk melihat sejauh mana perubahan yang ditunjukkan oleh anak tentang peningkatan motivasi belajar anak sebelum dan setelah dilaksanakan penelitian tindakan kelas. Untuk mengukur peningkatan motivasi belajar anak melalui penggunaan metode pemberian tugas, dilakukan dengan cara penilaian terhadap aspek antusias mengikuti materi pembelajaran, aktif mengerjakan tugas dan mengumpulkan tugas tepat waktu. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa terdapat peningkatan terhadap motivasi belajar anak setelah dipergunakan metode pemberian tugas di dalam kelas sebagai metode pembelajaran oleh guru pada anak didik di kelompok B TK PKK Tulo Kecamatan Dolo. Hal ini dapat dilihat pada perolehan hasil penilaian akhir dari kegiatan penelitian ini, yaitu kategori berkembang sangat baik pada penilaian antusias mengikuti materi pembelajaran ada 4 orang (33,33%), aktif mengerjakan tugas terdapat 4 orang (33,33%), dan mengumpulkan tugas tepat waktu terdapat 4 orang anak (33,33%). Melihat perolehan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan metode pemberian tugas di dalam proses pembelajaran di kelompok B TK PKK Tulo Kecamatan Dolo dapat membantu meningkatkan motivasi belajar anak |