JudulMENINGKATKAN NILAI-NILAI AJARAN AGAMA MELALUI METODE BERCERITA PADA KELOMPOK B TK PGRI GUNTARANO |
Nama: Dian Anggraini |
Tahun: 2019 |
Abstrak Dian Engriani.(2019). Meningkatkan Nilai-Nilai Ajaran Agama melalui Metode Becerita Pada Kelompok B TK PGRI Guntarano. Hasil Penelitian Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak UsiaDini, Jurusan Ilmu Pendidikan,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UniversitasTadulako. Pembimbing (I) Arif Firmansyah, Pembimbing (II) Haerul Annuar Masalah dalam penelitian ini adalah nilai-nilai ajaran agama anak belum berkembang sesuai harapan. Upaya mengatasi masalah tersebut, telah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk nilai-nilai ajaran agama anak dengan menggunakan bercerita. Desain penelitian menggunakan model alur Kemmisdan Mc. Taggart yang setiap siklus melalui 4 tahapyaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Setting dan subjek penelitian adalah anak kelompok B TK PGRI Guntarano berjumlah 20 anak yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data melalui observasi, pemberian tugas dan dokumentasi. Jenis data adalah data kualitatif yang dianalisis melalui teknik persentase. Data Pratindakan menyebutkan macam-macam agama terdapat 1 anak (5%) dalam kategori BSB, 2 anak (10%) dalam kategori BSH, 2 anak (10%) dalam kategori MB, dan 15 anak (75%) dalam kategori BB. Menyebutkan tempat ibadah terdapat 1 anak (5%) dalam kategori BSB, 1 anak (5%) dalam kategori BSH, 3 anak (15%) dalam kategori MB dan 15 anak (75%) dalam kategori BB. Menyebutkan hari-hari besar agama terdapat 1 anak (5%) dalam kategori BSB, 2 anak (10%) dalam kategori BSH, 3 anak (15%) dalam kategori MB dan 14 anak (70%) dalam kategori BB. Terbukti adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aspek menyebutkan macam-macam agama kategori BSB, BSH, dan MB dari 35% meningkat menjadi 90% . Menyebutkan tempat ibadah kategori BSB, BSH, dan MB dari 40% meningkat menjadi 90% . Menyebutkan hari-hari besar agama kategori BSB, BSH, dan MB dari 45% meningkat menjadi 95%. Rata-rata peningkatan nilai-nilai ajaran agama anak sebesar 50% kategori BSB, BSH, dan MB, namun masih ada 2 anak atau 10% kategori BB. Disimpulkan bahwa metode bercerita dapat meningkatkan nilai-nilai ajaran agama anak. Kata Kunci: Nilai-nilai Ajaran Agam Anak ; Metode Bercerita |