JudulPOLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI KELOMPOK B TK PGRI TINGGEDE |
Nama: HAPSINAR |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Hapsinar. (2018). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial Emosional anak di kelompok B PGRI Tinggede, Skripsi Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Drs. I Putu Suwika, M.Si Pembimbing (II) Dr. Suyuti, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perilaku sosial emosional anak dan pola asuh orang tua. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perilaku sosial emosianal anak dan pola asuh orang tua. Setting penelitian yaitu di TK PGRI Tinggede. Dan Subjek penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 12 anak, terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisa dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukan pola asuh orang tua secara demokrasi yaitu 66,66%, pola asuh otoriter 25?n pola asuh permisif 8,34%. Sehingga dapat di katakan bahwa pada umumnya orangtua anak TK PGRI Tinggede lebih menerapkan pola asuh demokrasi dari pada pola asuh otoriter dan pola asuh permisif. Perilaku sosial emosional anak, jelas terlihat bahwa pada aspek ekspresi gembira dan senang yaitu 100% kategori berkembang sangat baik (BSB), tidak ada anak kategori berkembang sesuai harapan (BSH), Kategori mulai berkembang (MB), dan kategori belum berkembang (BB). Aspek kemampuan bekerjasama 62,5% kategori berkembang sangat baik (BSB), 37,5% kategori berkembang sesuai harapan (BSH), tidak ada anak kategori mulai berkembang (MB), dan belum berkembang (BB). Dan aspek kemampuan bertanggung jawab yaitu 100% kategori berkembang sangat baik (BSB), tidak ada anak kategori berkembang sesuai harapan (BSH), mulai berkembang (MB), dan belum berkembang (BB). Ada pola asuh orang tua terhadap perilaku sosial emosional anak di kelompok B TK PGRI Tinggede. Kata Kunci: Pola Asuh Orangtua; Perilaku Sosial Emosiona |