JudulMENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL BUAH-BUAHAN MELALUI MEDIA REALITA DI KELOMPOK B TK DHARMA WANITA LABUAN PANIMBA |
Nama: ARMILA |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Armila (2018). Meningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Buah-Buahan Melalui Media Realita Di Kelompok B TK Dharma Wanita Labuan Panimba. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Hj. Shofyatun (II) Muraini Mursanib. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan anak dalam mengenal Buah-buahan Melalui Media Realita Di Kelompok B TK Dharma Wanita Labuan Panimba. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal Buah-buahan. Penelitian ini melibatkan 17 anak yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang dikumpulkan melalui observasi dan pemberian tugas, selanjutnya diolah secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pada siklus I untuk kemampuan dalam menyebutkan macam-macam buah meningkat menjadi 58,81?rkembang sangat baik, kemampuan dalam menyebutkan rasa buah meningkat menjadi 41,16% kategori berkembang sangat baik, dan yang kemampuan yang diamati terahir yaitu kemampuan anak mengenal buah-buahan yaitu menyebutkan warna buah terdapat 41,16?ngan kategori berkembang sesuai harapan, hasil tersebut diperoleh dari penjumlahan dua kategori yang dimiliki yaitu sangat baik dan baik. Pada siklus II menunjukan peningkatan menyebutkan macam-macam buah meningkat dari 58,81% menjadi 82,34% (23,53%) kategori BSB, kemudian menyebutkan rasa buah meningkat dari 41,16% menjadi 76,46% (35,3%) dengan kategori BSB, kemampuan anak mengenal buah-buahan menyebutkan warna buah meningkat dari 41,16% menjadi 76,46% (35,3%) kategori BSB. dirata-ratakan peningkatan dari siklus I ke siklus II berkisar 31,37%, masih terdapat anak yang belum berhasil tetapi tidak dilanjutkan ke siklus berikutnya karena sudah menunjukan keberhasilan pada siklus II secara maksimal. Kata Kunci : Kemampuan Mengenal Buah-buahan, Media Realita |