Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS DI KELOMPOK B TK AN-NISA SINGGANI MAKU
Nama: MINIARTI
Tahun: 2020
Abstrak
Rumusan masalah adalah apakah metode pemberian tugas dapat meningkatkan motivasi belajar anak? Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi belajar anak metode pemberian tugas. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan model alur Kemmis dan Mc. Taggart yang dilakukan secara bersiklus, setiap siklus melalui 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Setting penelitian yaitu di TK An-Nisa Singgani Maku, dan subyeknya adalah anak kelompok B yang berjumlah 15 anak, yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, pemberian tugas dan dokumentasi, data dianalisa dengan teknik persentase. Hasil penelitian data pra tindakan ingin mendapatkan hadiah 6,67% kategori T, 13,33% kategori R, dan 80% kategori SR. Perhatian 13,33% kategori T, 13,33% kategori R, dan 73,33% kategori SR. Keingintahuan 13,33% kategori T, 6,67% kategori R, dan 80% kategori SR. Setelah dilakukan tindakan melalui metode pemberian tugas, terdapat adanya peningkatan motivasi belajar anak dari siklus I ke siklus II. Anak yang mendapatkan hadiah kategori sangat tinggi dan tinggi dari 20% meningkat menjadi 66,67% (46,67%). Anak yang memiliki perhatian kategori sangat tinggi dan tinggi dari 20% meningkat menjadi 73,33% (53,33%). Keingintahuan kategori sangat tinggi dan tinggi dari 26,66% meningkat menjadi 73,34% (46,68%). Rata-rata peningkatan yaitu 48,89% kategori sangat tinggi dan tinggi, namun masih ada 2 anak atau 13,33% kategori SR.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up