Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERANAN METODE PEMBERIAN TUGAS TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK KELOMPOK B2 DI TK ALKHAIRAAT I PALU
Nama: FANI LESTARI
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Fani Lestari (2017). A. 451 10 031. Peranan Metode Pemberian Tugas terhadap Kemandirian Anak kelompok B2 di TK Alkhairaat I Palu” Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan Universitas Tadulako. Skripsi. Pembimbing (1) Hj. Shofyatun A. Rahman, Pembimbing (2) Muraeni Mursanib. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan metode pemberian tugas terhadap kemandirian anak kelompok B2 di TK Alkhairaat I Palu. Upaya mengatasi masalah tersebut sudah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui peranan metode pemberian tugas terhadap kemandirian anak kelompok B2 di TK Alkhairaat I Palu. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yakni penelitian yang berusaha menggambarkan objek yang diteliti dan berusaha memperoleh data dan informasi dengan serangkaian kegiatan. Penelitian ini dilaksanakan di Kelompok B2 TK Al-Khairat I Palu. Subjek penelitian berjumlah 17 anak, teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari hasil pengamatan selama 4 (empat) minggu, selanjutnya dianalisis secara persentase, kemudian rata-rata rekapitulasi setiap minggu. Data yang dikumpulkan berdasarkan dua aspek yaitu 1) Kemandirian Anak Bermain dan Mengumpulkan Mainan Sendiri dengan hasil BSB 13,24%, BSH 22,06%, MB 32,35%, dan BB 32,35%, 2) aspek kemandirian Anak Bermain dan Mengumpulkan Mainan Sendiri yaitu BSB 17,65%, BSH 19,12%, MB 32,35%, dan BB 30,88%. Setelah dilakukan upaya peningkatan kemandirian anak terbukti adanya kemajuan tingkat kemandirian anak dari sebelum dilakukan pemberian tugas dan setelah pemberian tugas. Peranan metode pemberian tugas sangat mempengaruhi tingkat kemandirian anak TK Alkhairaat I Palu. Kata Kunci : Metode Pemberian Tugas, Kemandirian Anak.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up