Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE INKUIRI DI KELAS V SDN 5 SINDUE TOMBUSABORA
Nama: ROSYANTI
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Rosyanti (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Melalui Metode Inkuiri Di Kelas V SDN 5 Sindue Tombusabora. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Rizal. Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa Kelas V SDN 5 Sindue Tombusabora pada mata pelajaran IPS, oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui metode Inkuiri di Kelas V SDN 5 Sindue Tombusabora. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara bersiklus. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa dan guru serta analisis hasil belajar siswa dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui metode Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas Kelas V SDN 5 Sindue Tombusabora. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I Hasil belajar siswa pada siklus I dengan ketuntasan belajar klasikal 63?n daya serap klasikal 64,21?n hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan dengan ketuntasan klasikal mencapai 100?n daya serap klasikal mencapai 88,42%. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Inkuiri, IPS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up