JudulPENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS IV SDN 4 SINDUE TOMBUSABORA |
Nama: MOHAMMAD RIFAI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Mohammad Rifai (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Melalui Pendekatan Kontekstual di Kelas IV SDN 4 Sindue Tombusabora. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Rizal. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, yang memiliki dua siklus dan memiliki 4 tahap yakni (a). Perencanaan (b). Pelaksanaan Tindakan (c). Observasi dan (d). Refleksi. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di Kelas IV SDN 4 Sindue Tombusabora. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar. Upaya pemecahan masalah yang digunakan yakni dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 4 yang berjumlah 29 orang. Data dikumpulkan melalui lembar aktivitas guru dan siswa serta Tes hasil tindakan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan persentase Daya Serap Klasikal (DSK) siswa yakni sebesar 58,24% serta persentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) sebesar 35,13%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase Daya Serap Klasikal (DSK) sebesar 89,05% serta persentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) sebesar 97,29%. Berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar Siklus I dan Siklus II, maka terjadi peningkatan yang signifikan yakni pada DSK terjadi peningkatan sebesar 30,81?ri siklus I sebesar 58,24?n siklus II 89,05%. Begitu juga pada KBK terjadi peningkatan yang sangat signifikan, yakni sebesar 62,16?ri siklus I sebesar 35,15?n siklus II sebesar 97,29%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. selain itu, saran penulis yakni Bagi guru : semoga pendekatan kontekstual ini dapat menjadi salah satu referensi dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SDN 4 Sindue Tombusabora. Bagi siswa : semoga dengan menggunakan pendekatan kontekstual ini siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, melalui metode ini siswa menjadi lebih mandiri . Bagi sekolah : kurangnya media pembelajaran mengakibatkan kurangnya mutu pendidikan. Untuk itu sangat diharapkan perhatian dari pihak sekolah untuk memperhatikan media yang di perlukan saat proses pembelajaran. Kata kunci: Pendekatan Kontekstual, Hasil Belajar Siswa, PKn. |