Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Metode Diskusi Di Kelas IV SDN Muria
Nama: ARTOM GIMOKA G NTEE
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Artom Gimoka G.Ntee (2019).Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran IPS Melalui Metode Diskusi di kelas IV SDN Muria.Skripsi, Program StudiPendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I)Arif Firmansyah. Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah dengan menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok pembahasan suber daya alam di Indonesia pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Muria? Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar siswa pada pokok pembahasan sumber daya alam di Indonesia pada pelajaran IPS dengan menggunakan metode diskusi di kelas IV SDN Muria. Penelitian ini dilaksanakan di IV SDN Muria, melibatkan 26orang siswa terdiri atas 10 oranglaki-laki dan 16 orang perempuanyang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 57,69?n daya serap klasikal siswa 63,85%. Pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 92,31?n daya serap klasikal siswa 86,15%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan ketuntasan belajar klasikal minimal 80?n daya serap klasikal minimal 65%. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelasIV SDN Muria Kata Kunci : Peningkatan Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran IPS dan Metode Diskusi ABSTRACT ArtomGimoka G. Ntee (2019). IIncreasing The Learning Achievement of Social Science Subject ThroughDiscussion Method at The Grade IV Pupils of Muria. Skripsi, Elementary School Teacher Education Program, Department of Education, Faculty of Teacher Training and Education, Tadulako University. Supervisor (I) Arif Firmansyah, Advisor (II) Rizal. The problem in this research is whether by using the method of discussion can improve student learning outcomes in the subject of discussion of natural resources suber in Indonesia in the subjects of social studies in the fourth grade SDN MURIA Kec. Kulawi Selatan City Kab. Sigi? The purpose of this study is to explain the improvement of student learning outcomes on the subject of discussion of natural resources in Indonesia in the lesson Social Science Subject by using the method of discussion in class IV SDN MURIA Kec. Kulawi Selatan Kab. Sigi. This research was conducted at SDN MURIA Kec. Kulawi Selatan Kab. Sigi, involving 26 students consisting of 10 men and 16 women enrolled in the academic year 2018/2019. This research uses Kemmis and Mc research design. Taggart consisting of two cycles. Where in each cycle held two meetings in the classroom and each cycle consists of four stages of planning, implementation, observation, and reflection. The results showed that in the first cycle action obtained classical completeness 57.69% and the absorption of classical students 63.85%. In the second cycle action obtained 92.31% classical completeness and classical absorption of students 86.15%. This means that learning in cycle II has met the success indicator with the completeness of classical learning at least 80% and the absorptive power of class at least 65%. Thus, it can be concluded that learning by using the method of discussion can improve student learning outcomes in the subjects of social studies in the class IV SDN MURIA Kec. Kulawi Selatan Kab. Sigi. Keywords: Increased Student Learning Results, Social Science Subject and Discussion Method

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up