Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SENI RUPA MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS PADA SISWA KELAS V SDN ANCA
Nama: Arlina
Tahun: 2019
Abstrak
Arlina. 2019. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Seni Rupa melalui Metode Pemberian Tugas pada Siswa Kelas V SDN Anca“. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Yun Ratna Lagandesa Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi seni rupa pada siswa kelas V SDN Anca. Alternatif pemecahan masalah adalah menerapkan metode pemberian tugas. Penelitian ini dilakukan bersiklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Anca berjumlah 20 orang. Data dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa, aktivitas guru, dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Siklus I diperoleh hasil siswa yang tuntas 12 orang dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 60%, dan pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan yaitu siswa yang tuntas 18 orang dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 90%, terdapat 2 orang yang belum tuntas hal ini menunjukkan persentase peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 30%. Hasil observasi siswa pada siklus I yaitu 54,5% terjadi peningkatan pada siklus II yaitu 97,7%. Sedangkan, hasil observasi guru pada siklus I yaitu 59% terjadi peningkatan pada siklus II yaitu 95,5%. Berdasarkan indikator kinerja, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pemberian tugas yang diterapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Anca dalam pembelajaran seni budaya dan keterampilan materi seni rupa. Kata Kunci: Hasil Belajar, Seni Rupa, Metode Pemberian Tugas

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up