JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS IV SD INPRES MARANATHA |
Nama: AGUSTINA ISAI NTEE |
Tahun: 2019 |
Abstrak Agustina Isai Ntee, tahun 2019. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKN melalui Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas IV SD Inpres Maranatha”. Skripsi, Program StudiPendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing I Arif Firmansyah, Pembimbing II Rizal. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Maranatha pada Mata PelajaranPKn. Salah satu penyebab utama rendahnya hasil belajar siswa karena metode mengajar yang digunakanoleh guru dalam mengajar cenderung monoton dan pengajaran masih berpusat pada Guru (Teacher Center) yang mengakibatkan kurang berminatnya siswa dalam mengikuti pembelajaran. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, maka peneliti menerapkan metode belajar kooperatif tipe jigsaw dalam menyajikan pembelajaran PKn pada kelas IV SD Inpres Maranatha.Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan jumlah subyek penelitian sebanyak 15 siswa. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refkleksi. Dari hasil tindakan siklus 1 diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebanyak 52,5%. Hasil tindakan siklus 2 diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 85,00%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode belajar kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD Inpres Maranatha pada mata pelajaran PKn. Kata Kunci : Metode Belajar Koperatif, Jigsaw, Hasil Belajar |