JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI MODEL MAKE A MATCH DI SDN 4 TOMADO |
Nama: Winartin Renti |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Winartin R. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III pada Mata Pelajaran PKn Melalui Model Make a Match di SDN 4 Tomado. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako Palu. Pembimbing Arif Firmansyah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas III SDN 4 Tomado. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran PKn dapat meningkat melalui Model Make a Match di SDN 4 Tomado?. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn dengan menggunakan model Make a Match di Kelas III SDN 4 Tomado.. Subyek penelitian sebanyak 12 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setiap siklus terdiri dari empat tahap yang mengacu pada Model Kemmis dan Mc Taggar yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II, yaitu: pada siklus I diperoleh hasil penilaian observasi aktivitas siswa 72,2?ngan kriteria baik, ketuntasan klasikal sebesar 58,3%, daya serap klasikal 65,8%, dan rata-rata hasil belajar 66. Pada siklus II diperoleh hasil yang lebih baik lagi dari siklus I yaitu hasil observasi siswa mencapai 88,9% atau kriteria sangat baik, persentase ketuntasan klasikal 83,3%, daya serap klasikal mencapai 76,67?n rata-rata hasil belajar adalah 77. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran PKn dapat meningkat melalui penerapan model make a match di SDN 4 Tomado. Kata kunci : Hasil Belajar, Model Make a Match. |