JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn MELALUI METODE PROBLEM SOLVING KELAS IV DI SDN RARANGGONAU |
Nama: Yuliani |
Tahun: 2019 |
Abstrak Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Raranggonau pada mata pelajaran PKn. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode Problem Solving. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan di kelas IV SDN Raranggonau. Subyek penelitian adalah 16 siswa yang terdaftar pada tahun pelajaran2018/2019 semester I. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Hasil penelitian pada tindakan siklus I daya serap klasikal 68,62% meningkat pada siklus II menjadi 75,5?n ketuntasan klasikal siklus I 75?lum mencapai indikator kinerja KKM 80 dan meningkat pada tindakan siklus II menjadi 100?ngan persentase kenaikan 25%, hasil dari tindakan siklus II telah mencapai indikator keberhasilan kinerja. aktivitas guru siklus I 64,47% meningkat pada siklus II 93,42% kategori sangat baik, aktivitas siswa siklus I 64,06% meningkat setelah dilakukan tindakan siklus II 90,62% kategori baik. Disimpulkan bahwa penerapan metode Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PKn SDN Raranggonau. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Problem Solving |