JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SD BK WINATU KECAMATAN KULAWI KABUPATEN SIGI BIROMARU |
Nama: Vemi |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Vemi, 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Dskusi pada Pembelajaran IPS di kelas IV SD BK Winatu Kecamatan Kulawi Kabupaten Sigi Biromaru. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Arif Firmansyah. Rendahnya hasil belajarnya siswa kelas IV, yang terjadi di SD BK Winatu siswa memiliki pemahaman yang kurang atau rendah terhadap penyerapan materi pembelajaran IPS, hal ini dikarenakan strategi dan metode mengajar guru belum optimal dan inovatif untuk menggunakan penerapan yang sesuai digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, karena dalam proses pembelajaran IPS dikelas IV dimana guru menggunakan metode trasional yaitu, menyiapkan siswa untuk menjadi pendengar, pencatat dan tak melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, hingga siswa menunjukkan sikap pasif terhadap pembelajaran IPS yang berakibat pada hasil belajar siswa relatif rendah. pada posisi dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan di sekolah ini yaitu 65%. Olehnya itu peneliti bermaksud melakukan penelitian tindakan kelas di kelas IV SD BK Winatu untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan penerapan diskusi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata pelajaran IPS dengan menggunakan penerapan diskusi di kelas IV SD BK Winatu tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus dan berakhir pada siklus II, di mana tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV berjumlah 27 orang siswa, terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020. Hasil analisis dan pencapaian indikator kinerja dari siklus I ke siklus II pada penelitian tindakan kelas, maka dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan penerapan diskusi terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD BK Winatu, pada mata pelajaran IPS. Hal tersebut ditandai dari ketercapaian indikator keberhasilan penelitian dan adanya peningkatan rata-rata daya serap klasikal siswa pada siklus I sebesar 60% menjadi 78,95% Pada siklus II. Sedangkan untuk pencapaian ketuntasan belajar klasikal, siklus I sebesar 55,55% menjadi 88,88% pada siklus II. Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran juga terlihat semakin meningkat dari kategori rata-rata cukup menjadi sangat baik hingga siklus II. Kata Kunci: Metode Diskusi, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS. |