Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN SALUTOME
Nama: MERDINAN TOSUPU
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Merdinan Tosupu, 2020. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunalan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Numbered Heads Together (NHT) pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Salutome. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Rizal. Rendahnya hasil belajarnya siswa kelas V, Karena guru cenderung menyampaikan materi, sementara siswa mendengarkan materi yang disampaikan. Upaya yang bisa dilakukan adalah pembelajaran menyenangkan, kreatif dan inovatif, guna meningkatkan hasil belajar IPS siswa sekaligus bisa membantu siswa melihat manfaat materi yang dipelajari dengan menghubungkannya dunia nyata serta menerapkan dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan pengalaman belajarnya, salah satunya adalah model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa, serta mengetahui kemampuan pengelolaan guru dalam pembelajaran pada siswa kelas V SDN Salutome. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan berakhir pada siklus II karena dinyatakan telah berhasil, dimana tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas V SDN Salutome berjumlah 24 siswa. Hasil ketuntasan klasikal yang dicapai pada tes hasil belajar siklus I sebesar 60,41% atau terdapat 13 siswa yang tuntas dari 24 jumlah siswa. Persentase ketuntasan klasikal siklus I ini menunjukkan belum mencapai indikator keberhasilan belajar yaitu 85%. Sehingga dilanjutkan penelitian pada tahap selanjutnya (siklus II). Hasil yang diperoleh pada siklus II lebih baik dari pada hasil siklus I, dimana ketuntasan belajar klasikal mencapai 54,16% atau terdapat 13 siswa yang tuntas dari 24 siswa. Hal tersebut berarti bahwa tingkat kemampuan siswa dalam pembelajaran rata-rata dalam kategori sangat baik, meskipun masih terdapat 11 siswa yang belum tuntas secara individu. Berdasarkan analisis hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) mengalami peningkatan dengan ketuntasan klasikal mencapai 87,5?n rata-rata hasil belajar adalah 70,20%. Kata Kunci: Model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar, Pembelajaran IPS.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up