Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS IV SD BK WINATU
Nama: Jonas
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Jonas, 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn di Kelas IV SD BK Winatu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Arif Firmansyah. Perrmasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran PKn di SD BK Winatu. Salah satu faktor penyebab yaitu guru masih menggunakan model pembelajaran yang kurang bervariatif dimana guru hanya menggunakan metode ceramah dalam proses belajar mengajar. Sehingga terjadi pembelajaran satu arah yang mengakibatkan siswa pasif menerima materi pembelajaran. Dari permasalahan tersebut perlu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan model pembelajaran Picture and Picture. Subyek peneliti adalah siswa kelas IV SD BK Winatu, dengan jumlah 10 siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara bersiklus yang meliputi 4 tahap: (i) perencanaan (ii) pelaksanaan tindakan (iii) observasi (iv) refleksi. Jenis data yang diperoleh adalah data kuantitatif, dan data kualitatif . data kuantitatif adalah data hasil belajar yang diperoleh dengan tes. Sedangkan Data kualitatif adalah data yang diperoleh dalam kegiatan belajar mengajar berupa observasi dan wawancara. Hasil observasi aktivitas siswa dan guru pada siklus I dalam katagori cukup sedangkan siklus II dalam katagori sangant baik. Hasil wawancara siklus I dan II menunjukan bahwa siswa senang dalam menerapkan model Picture and Picture. Hasil belajar siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal yakni 60?n daya serap klasikal 66?ngan jumlah yang tuntas sebanyak 6 orang siswa dan yang belum tuntas 4 orang siswa. Pada siklus II ketuntasan belajar klasikal sebanyak 90?n daya serap klasikal 83?ngan rincian 9 orang siswa tuntas dan 1 orang siswa masih blum tuntas. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture, PKn, Hasil Belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up