JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE 5TANYA JAWAB DI SD KANGKURO |
Nama: NOLIN NTOLAKI T |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Nolin Ntolaki T (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Melalui Metode Tanya Jawab di Kelas IV SD Kangkuro. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing; Rizal, S.Ag., M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah dengan penggunaan metode tanya jawab dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Kangkuro? Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan metode tanya jawab di kelas IV SD Kangkuro. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD Kangkuro, melibatkan 27 orang siswa terdiri atas 11 orang laki-laki dan 16 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 52?n daya nilai rata-rata hasil belajar siswa 59%. Pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 92?n nilai rata-rata hasil belajar siswa 81%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan ketuntasan belajar klasikal minimal 80?n nilai rata-rata hasil belajar siswa minimal 65%. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode tanya jawab dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Kangkuro. Kata Kunci : Peningkatan Hasil Belajar Siswa dan Metode Tanya Jawab |