Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Melalui Penggunaan Peta Konsep Di Kelas V Sd Bk Gimpu
Nama: YULIUS
Tahun: 2020
Abstrak
Abstrak Yulius (2019).Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Melalui Penggunaan Peta Konsep di Kelas V SD BK Gimpu.Skripsi, Program StudiPendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Arief Firmansyah, s.pd, M.pd Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah dengan menggunakan peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VSD BK Gimpu? Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan peta konsep di kelas VSD BK Gimpu. Penelitian ini dilaksanakan di SD BK Gimpu, melibatkan 20orang siswa terdiri atas12 oranglaki-laki dan8 orang perempuanyang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 60?n daya serap klasikal siswa 64,17%. Pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 100?n daya serap klasikal siswa 81,5%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan ketuntasan belajar klasikal minimal 80?n daya serap klasikal minimal 65%. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VSD BK Gimpu. Kata Kunci : Peningkatan Hasil Belajar Siswa dan Peta Konsep Abstract Yulius.(2019) Improving Students' Learning Outcomes On Social Sciense Subject Through The Utilization Of Mind Mapping In Grade V At SD BK Gimpu. Skripsi Elementary School Teacher Education Study Program, Education Science Departement, Teacher Training and Education Faculty, Tadulako University. Supervised By Arif Firmansyah. The problem in this research is does the utilization of mind mapping Improve Students' Learning Outcomes On Social Sciense Subject Through The Utilization Of Mind Mapping In Grade V at SD BK Gimpu ? The purpose of this research is to explain the improvement of students' learning outcomes On Social Sciense Subject Through Mind Mapping In Grade V at SD BK Gimpu.The research was conducted at SD BK Gimpu involving 20 students.consisting of 12 boys and 8 girls registered in the 2018/2019 academic year. This research used the Kemmis and Mc. Taggart research design which consists of two cycles in which each cycle is held twice in class and each cycle consist of four stages namely planning, training, observing, and reflecting. The results show that the actions in Cycle I obtained 60% classical learning achievement and students’ classical learning mastery of 64.17%. In cycle II of action obtained 100% classical learning achievement and students’ classical learning mastery of 81.5%. This means that learning in Cycles II has fulfilled the indicators of success with a minimum classical learning achievement of 80% and a minimum classical learning mastery of 65%. Thus, it can be concluded that learning by using mind mapping improves students’ learning outcome on social science subject in grade V at SD BK Gimpu. Keywords: The Improvement of Students’ Learning Outcomes and Mind Mapping

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up