JudulMENINGKATKAN PRESTASI DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK DI SD INPRES POMBEWE KELAS IV |
Nama: SARTIN POTUDA |
Tahun: 2019 |
Abstrak Sartin Potuda, 2019. Meningkatkan Prestasi dalam Pembelajaran IPS melalui Metode Diskusi Kelompok di SD Inpres Pombewe Kelas IV. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UniversitasTadulako. Pembimbing (I) Dr.Huber Yaspin Tandi,M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini apakah penerapan diskusi kelompok dapat Meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di Kelas IV SD Inpres Pombewe. Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di Kelas IV SD Inpres Pombewe melalui metode diskusi kelompok. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Inpres Pombewe dengan jumlah siswa 29 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dokumentasi. Setelah data dikumpulkan dianalisis melalui tiga tahap yaitu mereduksi data, penyajian data dan verifikasi data. hasil penelitian tindakan yang telah dianalisis baik pada siklus I maupun siklus II, maka dapat disimpulkan pembelajaran yang menggunakan metode kerja kelompok yang dilaksanakan di kelas IV SD Inpres Pombewe berhasil meningkatkan hasil belajar IPS, khususnya pada materi Lingkungan Sekitar. Peningkatan hasil belajar tersebut di lihat dari hasil tindakan siklus I dibandingkan dengan hasil tindakan siklus II, yang meliputi daya serap klasikal 68,67% pada siklus I menjadi 82,75% pada siklus II sedangkan ketuntasan belajar klasikal pada siklus I mencapai 75,86?n pada siklus II meningkat menjadi 96,55%. Sementara itu rata-rata hasil observasi guru pada tindakan siklus I mencapai 71,87?n penilaian afektif dan psikomotor siswa pada tindakan siklus I yang diperoleh dari hasil observasi aktivitas siswa pada 75% atau berada dalam kategori baik. Pada tindakan siklus II rata-rata hasil observasi aktivitas guru meningkat menjadi 95,83?n hasil observasi aktivitas siswa meningkat menjadi 91,25% atau berada dalam kategori sangat baik. Kata Kunci: Metode Diskusi Kelompok; hasil belajar Siswa; Pembelajaran IPS. |