Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI PENGGUNAAN METODE PETA KONSEP DI KELAS IV SDBALA KESELAMATAN KAMARORA
Nama: Ratna
Tahun: 2019
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah dengan menggunakan peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IVSD Bala Keselamatan Kamarora? Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan peta konsep di kelas IVSD Bala Keselamatan Kamarora. Penelitian ini dilaksanakan di SD Bala Keselamatan Kamarora, melibatkan 20orang siswa terdiri atas12 oranglaki-laki dan8 orang perempuanyang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 60?n daya serap klasikal siswa 64,17%. Pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 100?n daya serap klasikal siswa 81,5%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan ketuntasan belajar klasikal minimal 80?n daya serap klasikal minimal 65%. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Bala Keselamatan Kamarora.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up