JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN DI KELAS IV SDINPRES 1 KAMARORA |
Nama: Ludia Tema |
Tahun: 2019 |
Abstrak Melalui Penggunaan Metode Bermain Peran Kelas IV SD Inpres 1 Kamarora. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.Pembimbing: Rizal. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yangdilaksanakan di SD Inpres 1 Kamarora, melibatkan 12orang siswa terdiri atas6 oranglaki-laki dan6 orang perempuanyang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggartyang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra tindakandiperoleh ketuntasan klasikal 50?n daya serap klasikal 56,66%. Pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 66,66?n daya serap klasikal 65,97% sedangkan pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal ?n daya serap klasikal 84,02%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan nilai daya serap klasikal minimal 70?n ketuntasan belajar klasikal minimal 80%. Berdasarkan nilai rata-rata daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode bermain perandapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPS di SD Inpres 1 Kamarora. Kata Kunci : Metode Bermain Peran, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS |