Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN PKN DI KELAS IV SD BK RANTEWULU
Nama: RIANA
Tahun: 2019
Abstrak
Riana (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) pada Mata Pelajaran PKN di Kelas IV SD BK Rantewulu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Arif Firmansyah, Pembimbing (2): Rizal Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) di Kelas IV SD BK Rantewulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara bersiklus. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa dan guru serta analisis hasil belajar siswa dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN Kelas IV SD BK Rantewulu. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I dengan perolehan ketuntasan belajar klasikal 68,75?n daya serap klasikal 64,35% menjadi 93,75% untuk ketuntasan belajar siswa dan 78,25% untuk daya serap klasikal pada siklus II. Aktivitas guru pada siklus I pertemuan pertama mencapai 56,25?n pada pertemuan kedua mencapai 62,50?ngan kategori cukup, pada siklus II terjadi peningkatan pada pertemuan pertama mencapai 78,13?n pada pertemuan kedua mencapai 87,50?ngan kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama mencapai 50?n pada pertemuan kedua 56,25?ngan kategori cukup, pada siklus II terjadi peningkatan pada pertemuan pertama yaitu 75?n pada pertemuan kedua mencapai 90,63?ngan kategori sangat baik. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT)

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up