JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SBK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SDN LONCA |
Nama: Mega Selfia |
Tahun: 2019 |
Abstrak Mega Selfia. 2019. “Meningkatkan Hasil Belajar SBK melalui Penggunaan Media Gambar pada Siswa Kelas V SDN Lonca” Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Yun Ratna Lagandesa Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media gambar yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Lonca. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penggunaan media gambar yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Lonca. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tahapan dalam penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa, hasil observasi aktivitas guru dan siswa yang diambil dari lembar observasi kegiatan guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 55,2%, namun hasil belajar tersebut belum mencapai indikator capaian yakni 80%, maka dilanjutkan pada siklus II. Pada tindakan pelaksanaan siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 90%, terdapat 26 siswa yang tuntas dari 29 siswa yang mengikuti tes. Aktivitas guru, meningkat dari 70% pada siklus I menjadi 94,28% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa meningkat dari 66,6% pada siklus I menjadi 96,67% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan media gambar sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran SBK di kelas V SDN Lonca, serta meningkatkan aktivitas yang lebih baik pada siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran SBK, Media Gambar. |