Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NAMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD INPRES 1 MOMI
Nama: MAASYITHA
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Maasyitha, 2020. Meningkatkan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Nambered Head Together (NHT) pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SD Inpres 1 Momi, Skripsi. Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal. Rendahnya hasil belajarnya siswa kelas IV, Karena guru cenderung menyampaikan materi, sementara siswa mendengarkan materi yang disampaikan. Upaya yang bisa dilakukan adalah pembelajaran menyenangkan, kreatif dan inovatif, guna meningkatkan hasil belajar IPS siswa sekaligus bisa membantu siswa melihat manfaat materi yang dipelajari dengan menghubungkannya dunia nyata serta menerapkan dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan pengalaman belajarnya, salah satunya adalah model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa, serta mengetahui kemampuan pengelolaan guru dalam pembelajaran pada siswa kelas IV SD Inpres 1 Momi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan berakhir pada siklus II karena dinyatakan telah berhasil, dimana tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas IV SD Inpres 1 Momi berjumlah 38 siswa, terdiri dari 12 laki-laki dan 26 perempuan. Hasil ketuntasan klasikal yang dicapai pada tes hasil belajar siklus I sebesar 76,3% atau terdapat 29 siswa yang tuntas dari 38 jumlah siswa. Persentase ketuntasan klasikal siklus I ini menunjukkan belum mencapai indikator keberhasilan belajar yaitu 80%. Sehingga dilanjutkan penelitian pada tahap selanjutnya (siklus II). Hasil yang diperoleh pada siklus II lebih baik dari pada hasil siklus I, dimana ketuntasan belajar klasikal mencapai 94,7% atau terdapat 36 siswa yang tuntas dari 38 siswa. Hal tersebut berarti bahwa tingkat kemampuan siswa dalam pembelajaran rata-rata dalam kategori sangat baik, meskipun masih terdapat 2 siswa yang belum tuntas secara individu. Berdasarkan analisis hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) mengalami peningkatan dengan ketuntasan klasikal mencapai 94,7?n rata-rata hasil belajar adalah 7,6. Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up