Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBERIAN TUGAS KELOMPOK DI KELAS IV SDN BOLADANGKO
Nama: ANTON
Tahun: 2019
Abstrak
Anton (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Melalui Pemberian Tugas Kelompok di Kelas IV SDN Boladangko. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidkan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Rizal. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa kelas IV SDN Boladangko pada mata pelajaran IPS dapat ditingkatkan melalui penggunaan metode pemberian tugas kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Boladangko pada mata pelajaran IPS melalui penggunaan metode pemberian tugas kelompok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 (dua) siklus, dengan subyek penelitian sebanyak 12 siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui hasil tes evaluas i akhir setiap siklus, diperoleh daya serap klasikal pada siklus I yaitu 64% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi yaitu 82%. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I adalah 67% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 100%. Hasil observasi aktifitas guru pada siklus I diperoleh persentase rata-rata 52,8% termasuk kategori cukup, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 96% kategori sangat baik. Hasil observasi aktifitas siswa pada siklus I diperoleh 50%, kategori baik, mengalami peningkatan pada siklus II yaitu menjadi 97,5%, kategori sangat baik. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV SDN Boladangko dapat ditingkatkan melalui penerapan metode pemberian tugas kelompok. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Pemberian Tugas Kelompok, IPS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up