JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS DI KELAS V SD INPRES POMBEWE |
Nama: SISKA DAMAYANTI PONULELE |
Tahun: 2019 |
Abstrak Siska Damayanti (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Metode Pemberian Tugas di Kelas V SD Inpres Pombewe. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Rizal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui metode pemberian tugas di Kelas V SD Inpres Pombewe. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara bersiklus. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa dan guru serta analisis hasil belajar siswa dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui metode pemberian tugas dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas V SD Inpres Pombewe. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I dengan perolehan ketuntasan belajar klasikal 60?n daya serap klasikal 50% menjadi 96% untuk ketuntasan belajar siswa dan 85,6% untuk daya serap klasikal pada siklus II. Aktivitas guru pada siklus I 56,08% pada siklus II terjadi peningkatan mencapai 96?ngan kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I 50?ngan kategori cukup, pada siklus II terjadi peningkatan mencapai 97,5?ngan kategori sangat baik. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Pemberian Tugas, IPS |