Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS DI SD INPRES BALONGGA
Nama: AZIZAH
Tahun: 2019
Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di SD Inpres 1 Balongga? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di SD Inpres 1 Balongga. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD Inpres 1 Balongga, melibatkan 22 orang siswa terdiri atas 12 orang laki-laki dan 10 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pada Pra tindakan nilai rata-rata hasil belajar siswa 40 dan ketuntasan belajar klasikal 36,36%. Hasil tindakan siklus I menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa 60 dan ketuntasan belajar klasikal mencapai 68,18%. Hasil tindakan siklus II menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa 82,19?n ketuntasan belajar klasikal 90,90%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan ketuntasan belajar klasikal minimal 80?n nilai rata-rata hasil belajar siswa minimal 65%. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Inpres 1 Balongga. Kata Kunci : Peningkatan Hasil Belajar Siswa dan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up