JudulMeningkatkan Kemampuan Bernyanyi Vokal Group Siswa Kelas V Melalui Metode Latihan SD Inpres 1 Birobuli Palu |
Nama: ILLENTS HARAMI |
Tahun: 2019 |
Abstrak Illents Harami (2019). Meningkatkan Kemampuan Bernyanyi Vokal Group Siswa Kelas V melalui Metode Latihan SD Inpres 1 Birobuli Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidkan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Arif Firmansyah, Pembimbing (II) Yun Ratna Lagandesa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bernyanyi vokal group siswa kelas V melalui metode latihan SD Inpres 1 Birobuli Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara bersiklus. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat di simpulkan sebagai berikut: Penerapan metode latihan pada pembelajaran SBDP khususnya kemampuan bernyanyi vokal group siswa kelas V dapat meningkat di SD Inpres 1 Birobuli Palu. Hasil aktivitas guru siklus I diperoleh presentase 64,47%, pada siklus II 93,42% presentase peningkatan aktivitas guru yaitu 28,95%. Untuk aktivitas siswa siklus I diperoleh presentase 64,06?n meningkat menjadi 90,62% pada siklus II sehingga presentase peningkatan aktivitas siswa 26,56%. Ini menunjukan bahwa pada aktivitas guru dan siswa pada siklus 1 masuk kategori cukup sedangkan pada siklus II aktivitas guru dan siswa berada dalam kategori sangat baik. Hasil belajar pada siklus 1, diperoleh presentase ketuntasan belajar klasikal 50%, hasil belajar pada siklus II mengalami peningkatan dengan presentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 92,85%. Kata Kunci : Bernyanyi, Metode latihan |