Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SEJARAH PERADABAN MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DIKELAS V SD BALONGGA
Nama: RATNI
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Ratni (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Sejarah Peradaban Manusia dengan Menggunakan Media Gambar di Kelas V SD Balongga. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Charles Kapile, Pembimbing (II) Arif Firmansyah. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan emperbaiki hasil belajar siswa melalui penggunaan media gambar dalam embelajaran IPS siswa kelas V SDN Balongga. Penelitian melibatkan 18 siswa ang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan desain enelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pra tindakan ketuntasan klasikal mencapai 33,33?n daya serap klasikal mencapai 58,33%. Pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 50?n daya serap klasikal 64,44%. Pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 100?n daya serap klasikal 85%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan nilai daya serap klasikal minimal 65?n ketuntasan belajar klasikal minimal 80%. Berdasarkan nilai rata-rata daya scrap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajajaran IPS di kelas V SD di SD Balongga. Kata Kunci : Hasil belajar, Media Gambar, IPS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up