Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SOAL CERITA PECAHAN KELAS IV SDN DUYU
Nama: ZAMRIAH
Tahun: 2018
Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu, apakah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika pada materi soal cerita pecahan di kelas IV SDN Duyu. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika pada materi soal cerita pecahan di kelas IV SDN Duyu. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Duyu, melibatkan 16 orang siswa yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggar yang terdiri atas 2 siklus. Dimana pada setiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hal ini berdasarkan hasil formatif pada siklus I diperoleh hasil observasi aktifitas guru 82,81 % (baik), hasil observasi aktifitas siswa 70,31 % (baik), dan ketuntasan belajar klasikal 25 % (kurang). Mengalami peningkatan pada siklus II yaitu hasil observasi aktifitas guru 97,87 % (sangat baik), hasil observasi aktifitas siswa 93,74 % (sangat baik), dan ketuntasan belajar klasikal 87,5 % (baik). Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan ketuntasan belajar klasikal minimal 80 %. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi soal cerita pecahan di kelas IV SDN Duyu.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up