JudulPENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS SURAT DINAS MELALUI METODE LATIHAN TERBIMBING DI KELAS V SD INPRES BAKUBAKULU KECAMATAN PALOLO |
Nama: SUHARNI |
Tahun: 2019 |
Abstrak Suharni , 2016 Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Surat Dinas Melalui Metode Latihan Terbimbing di Kelas V SD Inpres Bakubakulu Kecamatan Palolo, Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Penbimbing (1) Efendi, Pembimbing (II) Yun Ratna Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis surat dinas melalui metode latihan terbimbing pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Inpres Bakubakulu Kecamatan Palolo. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah penerapan metode latihan terbimbing dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis surat dinas di kelas V SD Inpres Bakubakulu Kecamatan Palolo?. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari beberapa tahap. Mengacu pada model Kurt Lewin yang dikembangkan oleh Kemmis dan MC. Taggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu:(1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil kemampuan siswa menulis surat dinas pada akhir siklus, kemampuan guru dalam pengelolahan pembelajaran yang diambil dari observasi kegiatan guru, aktivitas siswa yang diambil dari lembar obsarvasi kegiatan siswa. Hasil penelitian kemampuan siswa menulis surat dinas pada siklus I menujukkan banyaknya siswa yang nilainya baik, tuntas sebanyak 6 orang dari 20 orang siswa, dengan skor rata-rata 50,25 dan daya serap klasikal 30%. Dengan demikian belum mencapai indikator yang disyaratkan sehingga perlu dilanjutkan pada siklus II. Pada kegiatan siklua II, banyaknya siswa yang tuntas belajar 17 orang siswa dari 20 orang siswa, dengan skor rata-rata 69,75 dan daya serap klasikal 85% . Dengan demikian indikator kinerja yang ditetapkan dalam penelitian ini telah tercapai. Sehingga tidak perlu dilanjutkan pada siklus menulis surat dinas di kelas V SD Inpres Bakubakulu Kecamatan Palolo pada tahun pelajaran 2016/2017 Kata Kunci: Kemampuan Siswa, Menulis, Surat Dinas, Latihan Terbimbing |