Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENINGKATAN PRESTASI HASIL BELAJAR SISWA IPS MATERI SUMBER DAYA ALAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE KERJA KELOMPOK PADA KELAS IV SDN 13 RIO PAKAVA
Nama: SALIM
Tahun: 2019
Abstrak
Salim, 2016. Peningkatan prestasi hasil belajar siswa IPS materi sumber daya alam dengan menggunakan metode kerja kelompok pada kelas IV SDN rio pakava kecamatan rio pakava kabupaten donggala.skripsi, jurusan pendidikan guru sekolah dasar, fakultas ilmu pendidikan,Universitas tadulako: pembimbing (1): Hj.junardi,M.Hum,pembimbing (II): charles kapile,M.hum Kata kunci : pemberian medote kerja kelompok, hasil belajar IPS. Peneliti tindakan kelas ini bertujuan unyuk meningkatkan hasil belajar Ips siswa kelas IV SDN rio pakava.masalah yang diselidiki adalah rendanya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Alternatif pemecahkan masalah adalah melalui pemberian “motode kerja kelompok”.penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN rio pakava,dengan jumlah siswa 30 orang. Jenis data yang diperoleh data kualitatif dan kuantitatif. Untuk hasil belajarnya terjadi peningkatan seiring dengan diterapkannya tindakan pembelajaran melalui pemberian “metode kerja kelompok” dari siklus I menuju siklus II. Hasil belajar siklus I ketuntasan belajar klasikal yakni 77,33% dengan jumlah yang tuntas sebanyak 23 orang siswa yang masih belum tuntas. Tes evaluasi yang digunakan adalah tes objektif dengan jumlah butir soal masimg-masing 10 nomor dengan skor total 10. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan melalui pemberian “ metode kerja kelompok” dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up