JudulMENINGKATKANHASILBELAJARSISWAPADAMATA PELAJARANIPSKELASVMELALUIMETODEPEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SDN2BIROMARU |
Nama: SAFRIANI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Safriani(2016).MeningkatkanHasilBelajarSiswapadaMataPelajaran IPS KelasV melaluiMetodePembelajaran BerbasisMasalah SDN 2 Biromaru.SkripsiProgram StudiPendidikanGuruSekolahDasar,Jurusan Ilmu Pendidikan,FakultasKeguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Tadulako,Pembimbing:HuberYaspinTandidanRizal. Berdasarkanhasilobservasiaktivitassiswadangurusertaanalisishasil belajarsiswadapatdisimpulkanbahwapembel.ajaranmelaluimetode PembelajaranBerbasisMasalahdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa padamatapelajaranIPSKelasV SDN 2Biromaru.Haliniditunjukan denganpeningkatanhasilbelajarsiswadariSiklusIhasilPraTindakan, analisishasilbelajarsiswauntukdayaserapklasikalmencapai51% sedangkan ketuntasan belajarklasikalhanya mencapai45%.Hasil tindakansiklusI,analisishasilbelajarsiswauntukdayaserapklasikal mencapai67,75%sedangkanketuntasanbelajarsiswauntukdayaserap klasikal mencapai 85,00% sedangkan ketuntasan belajar klasikal mencapai100%. KataKunci:HasilBelajar,MetodePembelajaranBerbasisMasalah |