JudulPENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE KERJA KELOMPOK SDN NO. 1 GUNTARANO |
Nama: HASNI |
Tahun: 2019 |
Abstrak Hasni (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran IPS dengan Menggunakan Metode Kerja Kelompok SDN No. 1 Guntarano. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Arif Firmansyah, Pembimbing (2) Rizal. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah metode kerja kelompokdapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di SDN No. 1 Guntarano? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah metode kerja kelompokdapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di SDN No. 1 Guntarano. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pada Pra tindakan persentase daya serap klasikal mencapai 59.6?n ketuntasan belajar klasikal 44%. Hasil tindakan siklus I menunjukkan persentase daya serap klasikal mencapai 66,5?n ketuntasan belajar klasikal mencapai 72%. Hasil tindakan siklus II menunjukkan persentase daya serap klasikal mencapai 82,4?n ketuntasan belajar klasikal 88%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan ketuntasan belajar klasikal minimal 80?n persentase daya serap klasikal minimal 65%. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode kerja kelompokdapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN No. 1 Guntarano. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa dan Metode Kerja Kelompok |