Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Pkn Melalui Metode Kerja Kelompok Di SD BK Puro’o
Nama: BOBI HARPINDEKS
Tahun: 2019
Abstrak
Bobi Harpindeks. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Pkn Melalui Metode Kerja Kelompok di SD BK Puro’o. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I), Arif Firmansyah, Pembimbing (II), Rizal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SD BK Puro’o melalui metode kerja kelompok. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 12 orang siswa yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dengan model penelitian yang mengacu pada modifikasi spiral yang meliputi: 1) perencanaan. 2) pelaksanaan tindakan. 3) observasi. 4) refreksi. Data dikumpulkan dengan cara observasi dan tes. Penelitian berlangsung dalam dua siklus dengan hasil tes awal menunjukkan bahwa 10 siswa tidak tuntas belajar dan 2 siswa tuntas belajar sehingga ketuntasan belajar klasikal mencapai 16,67?n daya serap klasikal hanya mencapai 61.67%. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil observasi aktivitas guru di siklus I dengan persentasi 55?n 65?ngan kategori baik kemudian meningkat di siklus II menjadi 75?n 90% pada kategori sangat baik. Aktivitas siswa dengan persentase 56,25?n 75% kategori baik kemudian meningkat di siklus II menjadi 75?n 87,50?ngan kategori baik. Hasil tes siklus I rata rata daya serap klasikal mencapai 65.83% dimana 5 siswa mendapat nilai lebih dari atau sama dengan 70 (KKM) yang artinya ketuntasan belajar secara klasikal baru mencapai 41,67%. Siklus II rata-rata daya serap klasikal 81.67%. Siswa yang mendapat nilai lebih dan atau sama dengan 70 (KKM) adalah 11 siswa artinya ketuntasan belajar klasikal mencapai 91,67% atau sudah tuntas secara klasikal. Kesimpulan dan penelitian ini adalah metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD BK Puro’o karena telah memenuhi indikator keberhasilan tindakan. Kata kunci : Hasil Belajar, Metode Kerja Kelompok.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up