JudulPeningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Menggunakan Metode Critical Incident Di Kelas II SD Inpres 2 Lolu |
Nama: MELKI MOHA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Melki Moha. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS dengan Menggunakan Metode Critical Incident di Kelas II SD Inpres 2 Lolu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing; Rizal Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang memiliki dua siklus dan empat tahap, yaitu (a) Perencanaan, (b) Pelaksanaan Tindakan, (c) Observasi, (d) Refleksi. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar. Upaya pemecahan masalah yang digunakan yaitu dengan menerapkan metode critical incident. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas II SD Inpres 2 Lolu. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Inpres 2 Lolu yang berjumlah 26 orang siswa, yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi guru dan siswa serta tes hasil tindakan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan persentase DSK siswa sebesar 66,2% serta persentase KBK sebesar 64%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase DSK siswa sebesar 75,84% serta persentase KBK sebesar 84%. Berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar siklus I dan siklus II, maka telah terjadi peningkatan yang signifikan yaitu pada DSK terjadi peningkatan sebesar 9,64?ri siklus I sebesar 66,2?n siklus II sebesar 75,84%. Begitu juga pada KBK terjadi peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 20?ri siklus I sebesar 64?n siklus II sebesar 84%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode critical incident dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD Inpres 2 Lolu Kelas II pada mata pelajaran IPS. Kata kunci : Metode critical incident, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPS |