JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE TANYA JAWAB DI KELAS III SD INPRES SALENA |
Nama: LILA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Lila(2015).MeningkatkanHasilBelajarSiswapadaMataPelajaranIPS MelaluiMetodeTanyaJawabdiKelasIIISDInpresSalena.SkripsiProgram StudiPendidikanGuruSekolahDasar,JurusanIlmuPendidikan,Fakultas KeguruandanIlmu Pendidikan,Universitas Tadulako.Pembimbing 1: HuberYaspinTandi,Pembimbing2:Rizal. Permasalahandalam penelitianiniyaituapakahdenganpenggunaan metodetanyajawabdalam pembelajaranIPSdapatmeningkatkanhasil belajarsiswakelasIIISDInpresSalena?Tujuanpenelitianiniyaituuntuk meningkatkan hasilbelajarsiswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakanmetodetanyajawabdikelasIIISDInpresSalena.Penelitian iniadalahpenelitiantindakan kelasyangdilaksanakan diSD Inpres Salena,melibatkan27orangsiswaterdiriatas11oranglaki-lakidan16 orangperempuanyangterdaftarpadatahunajaran2014/2015.Penelitian ini menggunakandesainpenelitianKemmisdanMc.Taggartyangterdiri atas dua siklus.Dimana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan dikelas dan setiap siklus terdiriempat tahap yaitu perencanaan,pelaksanaan,observasi,dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkanbahwapadatindakansiklusIdiperolehketuntasanklasikal 52?ndayanilairata-ratahasilbelajarsiswa59%.PadatindakansiklusII diperolehketuntasanklasikal92?nnilairata-ratahasilbelajarsiswa 81%.HaliniberartipembelajaranpadasiklusIItelahmemenuhiindikator keberhasilandenganketuntasanbelajarklasikalminimal80?nnilairata -rata hasilbelajarsiswa minimal65%.Dengan demikian,maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode tanya jawabdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranIPSdi kelasIIISDInpresSalena. KataKunci:PeningkatanHasilBelajarSiswadanMetodeTanya Jawab |