JudulM E N I N G K A T K A N H A S I L B E L A J A R S I S W A PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE TANYA JAWAB DI KELAS VI SD INPRES KECIL SALENA KOTA PALU |
Nama: SUHAEDI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Suhaedi (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Melalui Metode Tanya Jawab di Kelas VI SD Inpres Kecil Salena Kota Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing 1: Huber Yaspin Tandi, Pembimbing 2: Rizal. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah dengan penggunaan metode tanya jawab dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Inpres Kecil Salena Kota Palu? Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan metode tanya jawab di kelas VI SD Inpres Kecil Salena Kota Palu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD Inpres Kecil Salena Kota Palu, melibatkan 27 orang siswa terdiri atas 11 orang laki-laki dan 16 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 52?n daya nilai rata-rata hasil belajar siswa 59%. Pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 92?n nilai rata-rata hasil belajar siswa 81%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan ketuntasan belajar klasikal minimal 80?n nilai rata-rata hasil belajar siswa minimal 65%. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode tanya jawab dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VI SD Inpres Kecil Salena Kota Palu. Kata Kunci : Peningkatan Hasil Belajar Siswa dan Metode Tanya Jawab |