Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPS KELAS III SD INPRES 5 TAIPALAGA
Nama: ARIATY
Tahun: 2021
Abstrak
Ariaty (2014). Penerapan Model Pembelajaran STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pelajaran IPS Kelas III SD Inpres 5 Taipalaga. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Huber Yaspin Tandi, Pembimbing (II) Rizal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini mengunakan desain penelitian Kemmis dan Mc.taggart yang terdiri dari dua siklus. Dimana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar peserta didik. Upaya pemecahan masalah yang digunakan dengan menerapkan model pembelajaran STAD. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada peserta didik kelas III SD Inpres 5 Taipalaga yang berjumlah 30 siswa dengan 13 laki-laki dan 17 perempuan. Data yang dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. tingkat ketuntasan belajar belajar klasikal(KBK) peserta didik di siklus I adalah 60?n siklus II adalah 86,67%. Sedangkan nilai rata-rata pada siklus I adalah 63,67 dan siklus II sebesar 77. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas III SD Inpres 5 Taipalaga. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran STAD

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up